Minggu, 02 Desember 2012

Kejadian di MASJID MU'TAMAR

Masjid atau mesjid adalah rumah te kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran


Semua muslim yang telah baligh atau dewasa harus menunaikan salat lima kali sehari. Walaupun beberapa masjid hanya dibuka pada hari Jumat, tapi masjid yang lainnya menjadi tempat salat sehari-hari. Pada hari Jumat, semua muslim laki-laki yang telah dewasa diharuskan pergi ke masjid untuk menunaikan salat ke masjid, berdasarkan Surah Al-Jumu’ah ayat 9:
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat Jum'at, maka bersegeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.[13]

Masjid MU'TAMAR yang beralamat di Jl. Kalibaru Timur RT/RW 07/03 Kel. Kalibaru Kec. Cilincing Jakarta utara. Masjid ini seperti menjawab pertanyaanku. Meskipun tidak seluas dan sepanjang masjid-masjid di Jakarta. Namun mempunyai jama'ah yang cukup banyak. 



Yang menjadi istimewa dari Masjid ini adalah banyak anak- anak yang shalat berjama'ah di masjid ini.Saat aku khendak mengambil air wudhu di masjid MU'TAMAR aku melihat tiga anak mengambil air wudhu. Aku melontarkan senyum manisku dan tak lupa melontarkan pertanyaan manja untuk gadis itu..


"Kamu kelas berapa" Sapaku pada gadis disebelahku

"Aku TK.." Jawabnya jelas
"Kalau kamu ?" Aku sambil tersenyum
"PAUD.." jawabnya simpel
 Lalu aku tanyakan pada gadis satu lagi sambil meremas pipinya karena lucu
"Kalau kamu kelas berapa?" tanyaku kembali
Ia tidak menjawab, lantas temannya menjawab
"Dia tidak sekolah.."Jawabnya sambil tertawa
lantas teman satunya lagi ikut tertawa(Menertawakan)
"Tidak apa-apa kamu tidak TK, kan dirumah kamu belajar sama mama yah..." Pernyataanku membuat anak itu menganggukan kepala. dan dua anak gadis itu lansung diam menertawakan.

Sebenarnya bukan hanya itu keistimewaannya, tapi Masjid MU'TAMAR seperti menjawab pertanyaan dalam hati. Belum pernah menemui masjid seramah ini. Bentuk masjidnya sederhana persegi sama sisi yang dibatasi dengan kaca, meskipun masjid itu tidak mewah namun masjidnya nyaman dan bersih begitupun masyarakat sekitarnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...