Kamis, 09 Februari 2023

Mengonsep Buku Nonfiksi

 



Resume 14, Alhamdulilah, KBMN PGRI Gel 28 sudah memasuki pertemuan  ke 14 dengan narsumber Ibu Musiin,M.Pd beliau dipanggil dengan Ibu Iin, Beliau merupakan Guru Bahasa Inggris di SMPN 1 Tarokan Kediri.selain itu belaiu juga merupakan Founder Organisasi Swadaya Masyarakatdan Founder PT.In Jaya, belaiu juga menempuh Pendidikan Course di SEAMEO RELC di Singapura pada tahuun 2015 Beliau ditemani oleh Moderator Ibu Yandri Sari,S.Pd.

Malam yang dingin di Djakarta, Kami peserta KBMN PGRI belajar menulis dengan Tema “Konsep Buku Nonfiksi “ Dari judul diatas begitu sangat menarik untuk di pahami daan dipraktikan bagi anggota KBMN PGGRI Gel 28. Apa itu Konsep? Kosep menurut Wikipedia Bahasa Indonesia adalah  Abstraksi suatu de, gagasan, imajinasi atau gambaran mental yang dinyatakan dalam suatu kata atau symbol. Artinya dari pengertian tersebut Narasumber mengajak kita untuk membuat konsep ssesuatu yang telah ditentukan oleh tean KBMN PGRI, Bahwa peserta dituntun untuk mengkonsep sebuah Buku Sola sebagai symbol suatu karya bagi penggiat literasi.

Lalu selanjutnya Buku Nonfiksi,fiksi adalah hanyalan dan tidak nyata meskipun mendapatkan ide daari dunia nyata dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan pengertian Non Fiksi yang dikutip dari website Gramedia.com Cerita nonfiksi merupakan sebuah karangan atau tulisan yang bersifat informatif, penulisnya mempunyai tanggung jawab atas kebenaran dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disampaikannya.

Narasumber mengajak peserta KBMN PGRI untuk mengkonsep sebuah Buku Nonfiksi lalu apa saja Langkah selanjutnya dari Narasumber? Nara sumber menjelaskan bahwa menulis tulisan fiksi adalah bersifat objektif dan berbasis data dan fakta dengan menggunakan Bahasa DENOTATIVE (Apa adanya, sebenarnya). Berikut merupakn jenis jenis tulisan nonfiksi :

1. Biografi

2. Esai

3. Makalah

4. Artikel

5. Karya Tulis Ilmiah

6. Buku Nonfiksi

            Terima kasih Ibu Iin dan Ibu Yandri yang sudah menemani malam kita, semoga kita daapat mengonsep buku nonfiksi dengan baik. Ilmu yag didapatkkan mala mini dapat diprakktikan secara nyata dengan bentuk buku solo nonfiksi. Salam Literasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...