Kamis, 09 Februari 2023

Komitmen Menulis di Media Online

 



 

 

Assalamualaikum wr wb

Bismillahirahman ni Rahim, Hari ini Rabu, 25 Januari 2023 pelatihan KBMN 28 pertemuan ke-8 merupakan pertemuan yang special karena menggunakan Zoom Meeting. Semua anggota KMBN PGRI Bergabung dan dapat bertatap muka meskipun secara daring. 

Narasumber kita yaitu Bapak Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.  senang sekali bertemu dengan belia secara daring terahir bertemu dengan beliau saat beliau mengisi acara sebagai Narasumber Guru Blog Indonesia di Gedung Indosat Jakarta Pusat. Tema mala mini Dengan tema Komitmen Menulis Blog. Beliau adalah seorang pendidik, trainer, penulis, motivator dan blogger tentunya. Beliau menulis sejak tahun 2005 sampai saat ini sudah menulis banyak buku, sudah jalan-jalan ke dalam dan luar negeri, dan pastinya sudah menghasilkan banyak cuan dari tulisan beliau di blog. Cuan bos. Dengan moderator bapak Sigit PN. S.H. pemandu zoom malam ini.

 

Bapak Dedi menyampaikan blog adalah sejenis jurnal yang dionlinekan. Sebelum ke materi pak Dedi memberitahukan bahwa beliau telah melakukan presentasi sebanyak 1.204 persentasi sejak 1990. Satu kata keren. Target beliau malam ini adalah menginspirasi peserta pelatihan untuk produktif dalam berinternet yang berfokus pada menulis di blog.

Sebagai pembuka pikiran peserta beliau menceritakan siswa/mahasiswa yang menyukai seorang professor mengajar dengan alasan mengajar sepenuh hati, cara mengajar yang profesional, cara megajar yang menyenangkan dan masih banyak lagi alasan lainnya. Tapi saying walupun sang professor sangat baik dalam mengajar kalah saing kalah negetop sama sandal jepit. Mengapa bisa demikian? Karena sandal jepit banyak diposting di media social slah satunya blog sehingga begitu dicari di google makan akan muncul mulai dari gambar, deskripsi dan hal yang berkaitan dengan sandal jepit. Sehingga begitu di ketik sandal jepit makan akan muncul semua hal yang berkaitan dengan sandal jepit. Sedangkan nama professor tidak ada di laman pencarian google karena beliau tidak pernah menulis maupun memposting apa pun mengenai dirinya di media social khususnya blog.

 

Beliau juga mengungkapkan bahwa dari 3.31 juta guru penggerak di Indonesia sangat sedikit yang menjadi guru hebat dikarenakan guru penggerak tersebut tidak produktif. Dikatakan produktif jika mendatangkan hasil, manfaat, seperti buku, cuan, menjadi narasumber yang bisa keliling Indonesia bahkan ke luar negeri gratis tis tis.

 

Hal-hal yang bisa menghambat seseorang menjadi produktif menurut beliau yaitu

1.      Terlalu nyaman dengan posisi atau pekerjaan yang sudah ada.

Sehingga tidak ingin merubah atau berusaha menjadi sesuatu yang bisa membuatnya menjadi lebih hebat. Bukakah pepatah mengatakan Gajah mati meninggalkan gadinya, Harimau mati meninggalkan belanggnya, dan Manusia mati meninggalkan Namanya. Bagimana orang mau mengenal namannya jika beliau tidak produktif tidak menjadi sesuatu? Sehingga beliat tidak memiliki jejak yang bisa ditelusuri oleh orang banyak sepreti sandal jepit.

2.      Terlalu serius.

3.      Tidak punya waktu buat diri sendiri k(arena terlalu focus mengejar karir).

 

Ciri-ciri orang habat yang disampaikan bapak Dedi adalah

1.      Produktif

Jika punya ide maka tulislah. Jika punya visi yang bagus maka kembangkan sehingga menjadi suskses.

2.      Percaya diri

Jadilah seperti helder yang sangat percaya diri di antara kucing

 

 

Tips konsisten menulis blog yang beliau sampaikan malam ini

1.      Menentukan tujuan

2.      Membuat outline (ide, pikiran utama)

3.      Mulai menulis

4.      Selesaikan

5.      Upload/ publish

6.      Ikut komunitas

7.      Terus menulis

8.      Memperkenalkan diri

9.      Berteman

10.  Menceritakan hal yang istimewa

11.  Bersyukur dan berdoa

Bapak DwitagamaJuga menyarakan agara peserta KBMN PGRI Gel 28 Pertemuan 8 dapat menulis dengan komitmen di media social bukan hanya diblog tapi komiten mulis di perbagai media lietrasi seperti Instagram,Facebook, Kompasiana dalain sebagainya. Salam Literasi

1 komentar:

  1. ALhamdulillaah, paparan yang sangat lengkap mba AIsyah, semoga sukses, salam kenal

    BalasHapus

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...