Senin, 16 Januari 2023

Peretemuan 2 : Resume Menjadikan Menulis Sebagai Passion



Resume Pertemuan ke 2

Rabu, 11 Januari 2023
Materi.                 :  Menjadikan Menulis Sebagai Passion
Narasumber.        : Dra. Sri Sugiastuti. M.Pd
Moderator.           : Widya Setianingsih S.Ag


Assalamualaikum wr wb. Pertemuan ke 2 Rabu, 11 Januari 2023, dengan Materi. "Menjadikan Menulis Sebagai Passion" dengan Narasumber. Ibu Dra. Sri Sugiastuti. M.Pd . Ditemani Ibu Moderator yaitu Widya Setianingsih S.Ag. Narasumber ingin membawa peserta KBMN PGRI Menulis dengan gemar, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan dan kegemasan(passion). Sedangkan pengertian Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara

Mencoba menarik bahwa semua kegiatan yang dilaksanakan bisa ditulis dengan  baik. bu Dra. Sri Sugiastuti. M.Pd  menuturkan bahwa "Menulis sebagai passion dapat dimaknai sebagai semangat atau motivasi seseorang dalam beraktivitas menulisnya" . Kebutuhan menulis seseorang perlu di salurkan. Misalnya menulis buku antologi. Seperti Pak Dail yang sudah memiliki 60 buku antologi. Seperti Bu Aam yang suka menulis karya nya.

Ibu Kanjeng Menyampaikan"Kalau saya pribadi yang belajar menulisnya saat senja tentu saja ini Menulis bagian dari healing. Sudah usia 50 tahun bagaimana supaya bisa punya kacamata 5 Dimensi saat membaca menulis dan berbicara ". Contoh nya, Hal paling sederhana kita langsung mohon dan menuliskan masalah yang kita alami. Mengadakan masalah pada Allah lewat tulisan. Setelah itu dibaca. Mau dimusnahkan atau mau diabadikan terserah saja. Dada menjadi lapang. Pikiran tenang dan masalah pun hilang. Passion dalam kategori kegiatan literasi khususnya dalam hal untuk menuangkan gagasan melalui tulisan menjadi Aspek penting dalam segi kehidupan. Passion yang kuat yang positif seperti kesabaran kesungguhan menuangkan ide dan gagasan menuangkan perasaan memiliki pengalaman yang telah dituangkan dalam sebuah tulisan.

Sebagai titik tolak di bidang menulis yang menjadi indikator adalah :

1 Menulis sebagai indikator tingkat intelektual dimiliki oleh seseorang membutuhkan wawasan,  yang memiliki referensi bacaan,  butuh proses.

2  Penulis adalah salah satu profesi yang tergolong bergengsi dan menduduki tempat yang terhormat dalam kehidupan bermasyarakat.

Menulis itu adalah kerja intelektual. Dalam menulis ada sebuah kendala pada umumnya yang bisa kita jumpai, yaitu seorang tidak berbakat menulis.

KBMN PGRI (Kelas Belajar Menulis Nasional Persatuan Guru Republik Indonesia) Artinya kita sebagai Passion guru begitu juga harus passion menulis karena guru merupakan ujung tombak penggiat literasi untuk siswa. Guru memiliki peran mengembangkan literasi siswa, agar siswa dapat berkembang dalam kehidupan selanjutnya. Bukti nyata dari sebuah kegiatan literasi adalah salahsatunya degan menulis. Kesimpulanya, Materi pertemuan kedua sangat cocok diaplikasikaan bagi guru,yuk guru Indonesia jadikan Menulis sebagai Passion.

4 komentar:

  1. Sebuah hal yang dibiasakan memang tidak akan terasa berat jika dilakukan, semangat menulis Bu Aisyah

    BalasHapus
  2. Good, tulisannya bagus, semangat dan terimakasih

    BalasHapus

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...