Minggu, 29 Januari 2023

Resume Menulis Itu Mudah

 


Bissmillahirahmanirahim

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulilah KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) PGRI Gelombang 28 sudah memasuki pertemuan ke 9. Petemuan kali ini akan dibawakan oleh Prof Dr. Ngainun Naim,yang ditemani Ibu Lely Suryani, S.Pd.SD selaku Moderator. Tema yang diusung adalah “ Menulis itu Mudah”. Menulis adalah Kegaiatan mengutarakan ide atau gagasan penulis yang ditulis dalam bentuk fiksi atau non  fiksi.Mulai menulislah dengan yang kamu suka terlebih dahulu. Pasti akan terasa lebih mudah dan mengalir begitu saja.

Bapak Prof Dr. Ngainun Naim adalah salah satu dosen diperguruan negeri di daerah Trenggalek. Selain Dosenkegiatan lainnya adalah sebagai seorang Penulis Buku, Beliau sudah memiliki karya 47 buku. Masya Allah,inilah bukti seorang manusia pembelajar,semasa hidupnya dicurahkan pada dunia mengajar dan menghasilkan karya. Beliau mengajak ribuan anggota KBMN 28 Pertemuan  9 untuk tidak menunda waktu menulis,karena menulis begitu mudah.Ketika kita sudah berfikir mudah maka jangan sekali-kali meikirkan kesulitan. Mudah,mudah dan mudah untuk menulis dan berkarya menerbitkan suatu buku. Berikut merupakan tips menulis dari Prof Dr. Ngainun Naim, simak baik-baik yaa:

1. Menulislah hal-halyang sederhana yang kita alami, contoh kita bertemu sesorang yang baru saja ditinggalkan suaminya,lalu ia kepayahan dalam bekerja dan mengurus anak karena keluarga lain berada diluar kota, Kita bisa jadikan sesuatu yang kita lihat ini sebagai ide menulis. Pendapat Prof Dr. Ngainun Naim menulis yang kita alamai saja, artinya pematasan ide agar kita mudah dalam menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan.

2. Jangan menulis sambal  dibaca lalu di edit

Mengapa yang demikian dilarang Prof Dr. Ngainun Naim? Karena judulya menulis itu mudah jangan memikirkan bagus atau tidak dalam tulisan kita dengan cara dibaca ulalng lalu diedit. Dengan jam terbang menulis, secara alami tulisan kita akan terbentuk sesuai dengan karakter dan bagus. Endapkan dulu apa yang sudah mengalir dalam tulisan kita. Kalau sudah selesai bari dibaca Kembali lalu diposting ke media.    

3. Meulis tentang Perjalanan

Menurut Prof Dr. Ngainun Naim menulis perjalanan begitu mudah dalam menuangkannya, karena kita mengalami sendiri. Tulisan tentang perjalanan sangat mudah dilakukan. Setiap orang pasti melakukan perjalanan, baik perjalanan keluar kota, luar negeri, bahkan perjalanan hidup juga bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.

4. Menulis seperti ngemil/ secara ngemil

Yang dimaksud menulis secara ngemil,menulis sedikit sedikit seperti mengemil makanan. Apalagi mengemil makanan saat menonton film kesayangan pasti tak terasa makanan cepat habis. Begi  juga menulis secara ngemil, sedikit-sedikit lama-lama tulisan menjadi banyak dan menjadi sevuah karya sebuah buku yang siap diterbitkan.

Diatas merupakan tips dari narasumber kita dipertemuan 9 Bapak Prof Dr. Ngainun Naim, Beliau sudah banyak memilki karya, Banyak sekali buku yang sudah diterbitkan. Beliau memiliki target setiap harinya menulis 3-5 paragraf, menulis yang dialami dan dipublikasikan di media blog seperti blogspot dan kompasiana. Beliau akan mempersiapakan menulis untuk dipublikasikan saat beliau sudah samapi ditempat bekerja,yag artinya Prof Dr. Ngainun Naim menulis setelah melakukan perjalanan ke tempat bekerja. Prof Dr. Ngainun Naim juga melakukan rutinitas menulis secara ngemil sebelum berangkat kerja yaitu membuat tulisan minimal satu paragraph untuk membuat sebuah jurnal. Berikut Merupakan contoh penulisan Prof Dr. Ngainun Naim, silakan dipelajari agar lebih matang dalam menulis,sehingga dapat menulis dengan mudah.

 

1. https://www.spirit-literasi.id/2022/12/dari-wa-ke-dunia-nyata.html

2. https://ngainun-naim.blogspot.com/2020/02/senja-di-pantai-warna-oesapa.html

3. https://ngainun-naim.blogspot.com/2016/06/suatu-sore-di-bulan-ramadhan.html

4. https://www.spirit-literasi.id/2022/04/jejak-dari-bukittinggi-dari-ngarai.html

 

Kesimpulan dari KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) PGRI Gelombang 28 pertemuan ke 9 dengan Bapak Prof Dr. Ngainun Naim, bahwa menulis itu mudah jika dilakukan dengan menulis saja tanpa memikirkan bagus atau tidak. Apalagi menulis dengan dibaca dan diedit, ini akan membuat penulis merasa kesulitan untuk melajutkan menulis dan mengembangkan gagasan.Menulis itu mudah , menulis dari hal-hal yang di alami, seperti menulis perjalanan dan menulis akan mudah jika dilakukan secara ngemil, sediki sedikit tapi akan menjadi sebuah karya yang besar dan bermanfaat bagi khalayak umum. Salam Literasi, manusia pembelajar ingat bahwa menuis itu Mudah.

 

2 komentar:

  1. Ini sangat luar biasa. Apa yang dipaparkan sangat jelas dan bagus sekali

    BalasHapus
  2. cakep semangat untuk selalu menulis

    BalasHapus

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...