Rabu, 08 Juli 2020

KOMUNIKASI TELEPON BAHASA INGGRIS



Telepon bahasa inggris

A. Pengertian komunikasi Melalui Telepon Menggunakan Bahasa Inggris
        Komunikasi telepon dengan bahasa inggris merupakan komunikasi telepon yang baik penelepon maupun penerima teleponnya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa tuturan untuk menyampaikan maksud atau pesan.Pada dasarnya komunikasi bahasa inggris tidak banyak berbeda dengan komunikasi bahasa Indonesia, tata cara mulai dari mengucapkan salam, memberikan jawaban kepada penelpon,  hingga menyambungkan telepon kepada pihak yang dituju, cenderung sama. Untuk meningkatkan kepercayaan diri penelpon atau penerima, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan :

1. Penguasaan bahasa dan tata bahasa 
        Memperbanyak perbendaharaan kata akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri.
2. Jaga etika berkomunikasi 
3. Gunakan suara baik 
        Dalam melakukan komunikasi melalui telepon, hendaknya selalu gunakan suara yang ceria dan menyenangkan.penelpon akan merasa dihormati dan dihargai jika Anda menjawab dengan suara yang menyenangkan. 
4. Layani keinginan penelepon

B.  Teknik Menerima Panggilan Telepon Masuk dalam Bahasa Inggris 
       Berikut adalah beberapa teknik yang dapat dilakukan ketika menerima panggilan telepon dalam bahasa inggris 
1. Mengucapkan salam dan sapaan 
        Dalam bertelepon harus diawali dengan mengucapkan salam dan sapaan. sapaan dalam komunikasi juga diikuti dengan menyebutkan identitas penerima telepon dan instansi penerima telepon. Contoh sapaan oembuka percakapan bahasa inggris sebagai berikut :
- Hello, SC company here( halo,  dengan SC company di sini )
- Good morning,Kalamaya Resto, Kintan speaking  how can I help you? (selamat pagi, Kalamaya.    Resto, dengan Kintan di sini.Ada yang saya bisa. bantu ?)

2. Memberikan Respon 

a.  Jika telepon ditujukan untuk penerima telepon 
        Setelah pihak penerima telepon mengucapkan salam dan sapaan, dia akan mengutarakan tujuan menelpon. berikut adalah contoh penggunaan kalimat yang akan diucapkan oleh penelpon :
- Good morning. I would like to book a table in your restaurant for tonight (Selamat pagi. Saya ingin memesan meja direstoran Anda malam ini) 
Apabila penelpon telah menyampaikan pesanan, penerima telepon dapat langsung membelikan penjelasan terkait barang atau jasa yang yang dipesan.

b.  Jika telepon ditujukan untuk atasan 
         Apabila telepon yang diterima ditujukan untuk atasan Anda sebagai penerima telepon,  berikut adalah contoh respons yang akam diberikan penelepon .
- Good morning. I am Candra from PT Orix Indonesia, can I speak to Mr. Cristan?  ( selamat pagi, saya candra dari PT Orix Indonesia,  bisakah saya bicara dengan pak Cristan )  
1. apabila meminta waktu untuk konfirmasi, penerima telepon harus sigap dalam memberikan respon yakni dengan meminta pihak penelpon untuk  menunggu. Anda sebagai penerima telepon saat meminta waktu untuk konfirmasi dahulu kepada atasan Anda dapat menggunakan beberapa contoh dibawah ini :
- hold a moment please( tolong tunggu sebentar) 
- do you mind holding the line ? (maaf,  dapatkah Anda menunggu sebentar?) 
2. Menyambungkan telepon kepada atasan 
        Ketika Anda sebagai penerima telepon menyambungkan telepon tersebut ke atasan Anda,  Anda harus menjelaskan dengan tepat perihal identitas penelpon dan menanyakan apakah atasan Anda ingin menerima telepon tersebut atau tidak. Berikut contoh kalimat yang dapat digunakan kepada atasan Anda: 
- good morning, Mr Bayu.You have an incomimg call from Mr. Dito from PT Indah Permai. Will you receive it?  ( selamat pagi pak Bayu. Anda mendapatkan panggilan telepon dari pak Dito dari PT Indah Permai. Apakah Anda ingin menjawab panggilan ini? )

3. Menanyakan pesan dan Nomor Kontak penelpon 
        Ketika atasan tidak ada ditempat atau tidak ingim menerima telepon, Anda dapat menanyakan apakah penelpon  ingin menelpon kembali nanti. berikut adalah kalimat yang dapat digunakan : 


- would you like leave a message? (apakah Anda ingin meninggalkan pesan ?)
- may i have your phone number, please? ( bolehkah saya meminta nomor telepon/kontak Anda? )

4. Menutup telepon  
    Setelah menyampaikan pesan menelpon,  ada hal yang harus diperhatikan sebelum menutup telepon.Berikut ini adalah contoh kalimat yang bisa digunakan : 
- is yhere anything I can help ? ( Apakah ada hal lain yang dapat saya bantu ?)

C.  Manfaat melakukan komunikasi telepon dalam bahasa inggris 
   Selain memudahkan pekerjaan, komumikasi melalui telepon dengan bahasa Inggris juga memiliki manfaat, yaitu : 
1. Meningkatkan keterampilan diri .
2. Meningkatkan kepercayaan diri .
3. Meningkatkan kompetensi dan citra baik perusahaan .
4. Meningkatkan kesiapan dalam menghadapi tantangan global.
5. Memudahkan kerja sama perusahaan baik dalam atau luar negeri.


Contoh Video Bahasa Inggris


https://www.instagram.com/tv/B8xpYwGB634/?utm_source=ig_web_copy_link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Proofreading sebelum Menerbitkan Buku

  KBMN PGRI Gelombang 28 Pertemuan 12 Bapak Susanto yang ditemani dengan Ibu Helwiyah, Narasumber   mengatakan Publikasikan dan bukukanlah a...